LOMBA FOTO DIRJEN CIPTA KARYA KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM ” Kota Untuk Semua ” Total Hadiah Jutaan Rupiah | DL 9 Oktober 2013

KETENTUAN LOMBA FOTO DIRJEN CIPTA KARYA KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM RI
1. Terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia berumur 18 tahun ke atas dan berdomisili di Indonesia, kecuali anggota panitia dan Dewan Juri.
2. Tidak dipungut biaya
3. Tema pengambilan foto adalah “Kota untuk Semua” dengan cakupan objek berupa permukiman, sanitasi dan lansekap kota.
4. Mencantumkan judul foto dan lokasi pengambilan foto pada keterangan karyanya.
5. Foto diambil di dalam negeri, foto yang diambil di luar Indonesia akan secara otomatis didiskualifikasi.
6. Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal 5 (lima) karya foto.
7. Foto merupakan hasil karya 3 tahun terakhir (foto tahun 2010 s/d 2013).
8. Karya yang dilombakan berbentuk foto tunggal dengan ukuran sisi terpanjang 3000 pixel dan high resolution (min. 300 dpi) dengan format JPEG (soft file).
9. Karya foto bukan merupakan hasil manipulasi digital, penyuntingan minor diperbolehkan sebatas cropping dan penyesuaian pencahayaan brightness/contrast/level/curve untuk gelap/terang tanpa mengubah keaslian objek foto.
10. Peserta adalah satu-satunya pemilik sah atas hak kekayaan intelektual dari foto yang dikirimkan, foto merupakan karya asli, tidak direkayasa dan belum pernah meraih penghargaan apapun.
11. Panitia tidak bertanggungjawab atas segala bentuk klaim kepemilikan dari pihak lain (hal ini terkait dengan model dan property release, apabila dalam karya foto yang diikutsertakan dalam lomba ini terdapat subjek manusia dan atau property milik pihak lain).
12. Karya yang sudah dikirimkan menjadi hak milik panitia dan tidak akan dikembalikan. Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum RI berhak menggunakan foto-foto peserta sebagai bagian dari publikasinya (non komersil), ketentuan akan diatur kemudian dengan tetap menyantumkan nama pemegang hak cipta (fotografer pemilik foto).
13. Keputusan dewan juri mutlak tidak dapat diganggu gugat dan tidak melayani korespondensi atau surat menyurat.
14. Materi Lomba Foto dapat dikirimkan melalui email ke: lombafoto.ciptakarya@gmail.com

Atau dikirim dalam CD melalui pos ke alamat:
Subdit Perencanaan Teknis,
Direktorat Pengembangan Permukiman,
Gedung Cipta Karya Lantai 6,
Kementerian Pekerjaan Umum
Jl. Patimura No. 20 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110
15. Melampirkan data diri lengkap, berupa nama, nomor telepon yang dapat dihubungi, alamat dan foto copy atau scan tanda pengenal yang sah.
16. Batas waktu pengiriman foto adalah Rabu, 9 Oktober 2013.
17. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada rangkaian acara Hari Habitat 24 s/d 27 Oktober 2013.
18. Dengan mengirimkan karya foto untuk mengikuti lomba ini, berarti peserta dianggap tunduk kepada seluruh ketentuan dan peraturan yang dibuat oleh panitia.
19. Contact Person : Lavanda Wirianata, 0856-2415-9150

DEWAN JURI
1. Oscar Motuloh (Fotojurnalis Senior/Kurator Galeri Foto Jurnalistik ANTARA)
2. Hariyanto (Media Indonesia)
3. Perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum RI

HADIAH
Dewan juri akan memilih 30 karya foto nominasi terbaik, dengan rincian sebagai berikut :
Juara I >> Rp 20.000.000,00
Juara II >> Rp 15.000.000,00
Juara III >> Rp 10.000.000,00
Harapan I >> Rp 6.000.000,00
Harapan II >> Rp 5.000.000,00
Harapan III >> Rp 4.000.000,00
24 nominasi >> @ Rp 1.000.000,00

Note:
1. Pajak hadiah ditanggung peserta
2. Masing-masing Juara dan Harapan mendapatkan plakat dan sertifikat
3. Masing-masing Nominasi mendapatkan sertifikat

sumber informasi : Dhira Danny Wijaya ( Facebook )

Iklan

PIKSI 2013

PIKSI 2013 ( Pekan Ilmiah dan Keakraban Sipil ) Adalah Makrab Mahasiswa Baru Teknik Sipil UII, PIKSI 2013 bertemakan “Terjalinnya Nuansa Pelangi melalui interaksi sosial dalam ketekniksipilan”, piksi 2013 mengeterdepankan Keakraban, Interaksi Sosial dan Ketekniksipilan yang diharapkan mahasiswa baru teknik sipil uii 2013 saling mengenal satu sama lain sesama angkatan dan saling mengenal dengan mahasiswa angkatan diatasnya,
Pelaksanaan PIKSI 2013 akan dilaksanakan:

Tanggal : 3-6 Oktober 2013

Tempat : Bumi Perkemahan Munjul luhur, Purbalingga, Jawa Tengah

PIKSI 2013

Tips dan Cara KRS / Key.n Rencana Studi

Mari saya akan bahas tentang Cara KRS . .

Ada yang udah tau cara KRS cara cepat?
KRS atau Key.n Rencana Studi Akademik itu adalah pendaftaran mata kuliah yang akan di ambil pada semester baru,
Sistem KRS di Universitas islam Indonesia di lakukan secara Online melalui situs unisys.uii.ac.id
KRS di laksanakan setiap semester yang waktu dan tanggalnya telah di tentukan oleh pihak Kampus

nah sedikit mengulas KRS, mari kita bahas dan sharing tips2 untuk KRS

  1. Selalu liat info kapan kita key-in, karena terkadang banyak kabar burung yang tersiar, dan kita musti tentukan mana yang itu bener.
  2. sebaiknya untuk menyusun jadwal makul dengan selebaran jadqal, Ambil Selebaran Jadwal yang ada di kampus.
  3. Usahakan bikin sama temen kalo sama temen tentu saja bisa tukar info dan kita akan mudah terbantu.
  4. Rancang Jadwal dan bikin plan B, C, D atau seperlunya untuk antisipasi
  5. Booking warnet dimana koneksiyg stabil dan tidak bikin emosi dengan koneksinyang cepat
  6. Siapkan mental dan jangan panik, tetep stay cool jangan panik dan gak perlu melakukan hal2 yg tidak ada untungnya
  7. dan jangan lupa untuk selalu berdoa agar KRS nya lancar dan sukses

 

Dan Untuk Tips KRS cepat yang di ambil dari akademia uii mari kita bahas disini

ang ini tips ketika kita key-in untuk memilih mata kuliah

  • Tips untuk nggak logout otomatis, karena Time Out #infoKeyin
    1. Buka browser kamu dengan Mozilla Firefox, dan silahkan install ReloadEvery di sini http://t.co/xzB5w90nkz
    2. Setelah terinstall, tutup Mozilla kamu dan buka kembali. Terus silahkan Login ke Unisys kamu.
    3. Buka semua Mata Kuliah yang akan kamu ambil dengan New Tab, dan langsung kamu klik
    4. Klik Kanan, Pilih Reload Every 5s atau 10s dan jangan lupa Klik Enable. Dijamin, secara otomatis makul kamu akan terkeyin 🙂
    5. Sekalian kamu klik aja kelas yang diambil, nanti akan secara otomatis terkeyin kalau sudah masuk waktu.. #Dijamin!!! #Pengalaman 😀
  •  Nah tadi itu diambil dari http://chirpstory.com/li/57668 twitter dari akademiaUII

Hubungan ilmu teknik sipil dan ilmu agama

 

Tujuan akhir dari semua ilmu adalah menyadari adanya kebesaran tuhan dan posisi kita sebagai makhluk hasil ciptaanya sehingga dapat menemukan jalan hidup yang sebenarnya.

seperti halnya Ilmu teknik sipil bertujuan mendesain sebuah  rumah yang kuat, serta ilmu agama mendesain sebuah pribadi yang kuat dan tangguh.

berikut ini beberapa hal persamaan antara ilmu teknik sipil dan ilmu agama:

dilihat dari obyek dan tujuan ilmu teknik sipil dan agama.

ilmu teknik sipil mempelajari tentang bagaimana membuat sebuah konstruksi bangunan rumah yang kuat sehingga dapat membuat rasa aman dan nyaman kepada pemilik maupun penghuni yang berada didekat rumah tersebut.

ilmu agama mempelajari bagaimana membuat sebuah konstruksi bangunan hati dan jiwa yang kuat sehingga dapat membuat rasa aman dan nyaman kepada pemilik maupun orang yang berada didekat jiwa tersebut.

dilihat dari kerusakan, virus dan penyakit.

jika dalam ilmu teknik  sipil terdapat beberapa hal yang menyebabkan kerusakan struktur bangunan seperti keropos, kayu lapuk, besi berkarat.

dalam ilmu agama juga terdapat berbagai hal yang menyebabkan kerusakan sebuah struktur pribadi seperti iri hati, sombong, dengki, kikir dll.

dilihat dari tujuan ilmu teknik sipil dan agama
ilmu teknik sipil membangun rumah yang kuat sedangkan ilmu agama membangun pribadi yang kuat.

dilihat dari proses pelaksanaan ilmu teknik sipil dan ilmu agama.

kedua ilmu teknik sipil dan agama saling berhubungan, misalnya sebuah pelaksanaan pembangunan gedung yang dilaksanakan oleh ahli teknik sipil tanpa berpengetahuan ilmu agama dapat menyebabkan keruntuhan bangunan karena proses ketidak jujuran dalam pelaksanaannya seperti pengurangan semen atau besi struktur :-)

ilmu agama pun dapat dikerjakan dengan baik dengan adanya rumah atau bangunan ibadah hasil karya teknik sipil, atau jika pada zaman dahulu dikerjakan di goa hasil karya teknik sipil tuhan.

jadi jika melihat keduanya maka dapat disimpulkan bahwa semua ilmu itu baik, karena tujuan ilmu agama adalah bagaimana hidup dengan kebahagiaan serta ilmu teknik sipil bagaimana membangun sarana hidup dengan rasa keindahan dan keamanan.

anjuran Belajar ilmu dalam agama islam

– yang allah perintahkan kepada nabi muhammad pertama kali adalah perintah belajar yaitu, iqro ( bacalah )
– Tuntutlah ilmu walau ke negeri cina
– menuntut ilmu itu wajib dari lahir sampai masuk ke liang kubur.

untuk artikel selanjutnya insyaallah penulis akan menulis beberapa teknologi teknik sipil yang sudah diinformasikan dalam kitab alquran pada zaman dahulu sebelum manusia mampu meneliti kebenaranya.

untuk pendapat lain atau hal lain yang berkaitan bisa ditulis melalui form dibawah.

 

Sumber

Teknologi ilmu teknik sipil dalam alquran

teknologi ilmu teknik sipil baik pada masa lalu, sekarang maupun masa datang sudah di informasikan dalam kitab alquran.

berikut ini beberapa informasi mengenai teknologi ilmu teknik sipil dalam kitab alquran:

Geologi teknik ( gunung sebagai pasak bumi penahan gempa )
Rekayasa lalu lintas ( sungai dan jalan sebagai penunjuk arah manusia)

” Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk. ” QS. An nahl. 16

Bahan bangunan ( Teknologi rumah ringan dari bahan kulit binatang )

“Dan Allah menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagi kamu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit binatang ternak yang kamu merasa ringan (membawa)nya di waktu kamu berjalan dan waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu onta dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan perhiasan (yang kamu pakai) sampai waktu (tertentu). ” QS. An nahl 80

Arsitektur rumah ( Rumah berkonsep alami pada dinding gunung )

‘Dan kamu pahat sebagian dari gunung-gunung untuk dijadikan rumah-rumah dengan rajin”. QS. asy syu’araa 149

“dan mereka memahat rumah-rumah dari gunung-gunung batu (yang didiami) dengan aman”. QS. Al kahfi 82

Teknologi gedung dan kolam renang

“Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang berterima kasih”. QS. Saba 13

Teknologi lampu bohlam penghias rumah

Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. QS Annur 35

teknologi alat transportasi dari bahan cahaya berkecepatan cahaya.

Hai orang-orang yang beriman (kepada para rasul), bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya, niscaya Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu dua bagian, dan menjadikan untukmu cahaya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan dan Dia mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. QS Al hadid 28

kedatangan makhluk asing ke bumi

“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami” QS Anml 82

teknologi batu bata

“agar kami timpakan kepada mereka batu-batu dari tanah”.Adz Dzaariyaat 33

teknologi pistol atau senapan dengan peluru, teknolgi rudal dari pesawat

“Maka apakah kamu merasa aman (dari hukuman Tuhan) yang menjungkir balikkan sebagian daratan bersama kamu atau Dia meniupkan (angin keras yang membawa) batu-batu kecil? dan kamu tidak akan mendapat seorang pelindungpun bagi kamu,” Al israa 68

Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang Kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri. QS Al ankabuut 40

teknologi pipa hidrolyk untuk pengecoran beton pada lantai gedung tinggi

“berilah aku potongan-potongan besi.” Hingga apabila besi itu telah sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, berkatalah Dzulkarnain: “Tiuplah (api itu).” Hingga apabila besi itu sudah menjadi (merah seperti) api, diapun berkata: “Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar aku kutuangkan ke atas besi panas itu.” QS Alkahfi 96

Besi untuk beton bertulang

“Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi”. QS AL Hajj 21

proses terjadinya pasir beton

Pada hari bumi dan gunung-gunung bergoncangan, dan menjadilah gunung-gunung itu tumpukan-tumpukan pasir yang berterbangan. QS Al muzzammil 14

 

Sumber

Arsitek VS Teknik Sipil – Antara imajinasi dan hitungan

 

Arsitek VS teknik sipil siapa yang lebih baik? membandingkan keduanya ibarat mencari kebaikan antara imajinasi dan hitungan, tentu saja keduanya mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing. Namun bagi masyarakat umum mungkin menjawab arsitek yang lebih baik karena kata tersebut sudah menjadi semacam merk brand yang menggambarkan sebuah profesi ahli dalam bidang bangunan, sehingga ada gambaran bahwa untuk mewujudkan bangunan hanya butuh Arsitek saja, hal ini bisa jadi benar ketika bangunan yang dibangun hanya bangunan sederhana dengan bentuk dan penggunaan material standar. beda lagi jika bentuk bangunan aneh sebagai hasil imajinasi arsitek maupun pemilik rumah, akan sangat beresiko fatal jika tidak melibatkan teknik sipil didalamnya. bayangkan saja membangun rumah indah tetapi roboh begitu saja.

 

Perbandingan Arsitek VS Teknik Sipil

No Arsitek Teknik sipil
1 Menciptakan bentuk bangunan yang indah Menghitung struktur bangunan yang kuat
2 Memilih warna dan teksture material sesuai konsep bangunan. Memilih jenis material yang bagus tapi murah
3 Fokus pada perencanaan gambar bangunan Fokus pada perencananaan perhitungan kekuatan bangunan
4 Membuat gambar detail bangunan Mengatur manajemen pelaksanaan pembangunan.
5 Menentukan spesifikasi rencana bangunan Memilih metode pelaksanaan bangunan paling cepat dan hemat.
6 Mempertahankan bentuk gambar bangunan yang sudah dibuat. Menyesuaikan gambar perencanaan dengan kondisi nyata dilapangan.
7 Pada bangku kuliah lebih banyak mempelajari gambar bangunan, menggali keinginan owner, dan cara mempresentasikan agar ide desain diterima. Pada bangku kuliah lebih banyak mempelajari perhitungan struktur bangunan,perhitungan rencana anggaran biaya bangunan serta manajemen pelaksanaan bangunan
8 Ingin bangunan Indah dan menarik Ingin bangunan Kuat dan murah

 

Jika kita lihat perbandingan teknik sipil vs arsitektur diatas maka seringkali ada pertentangan dalam proses kerja, misalnya seorang arsitek sudah capek membuat gambar suatu bentuk bangunan indah ternyata setelah dihitung oleh seorang teknik sipil ternyata bentuk tersebut tidak bisa diwujudkan karena bisa roboh, begitu juga sebaliknya seorang teknik sipil bisa jadi menemukan metode kerja dan pemilihan material yang bagus dan murah namun dalam pandangan arsitek bisa jadi hal tersebut kurang indah dan menarik, jadi diperlukan kerjasama yang baik antara arsitek dan teknik sipil dalam merencanakan bangunan.

 

Kesimpulanya adalah antara arsitek dan teknik sipil sama baiknya, yang terbaik adalah jika mempunyai kemampuan keduanya sehingga selain dapat berimajinasi menciptakan bangunan indah juga dapat merencanakan perhitungan strukturnya, kalaupun tidak sanggup menguasai kedua ilmu tersebut maka diperlakukan kerjasama antara seorang Arsitek dan Teknik sipil untuk mewujudkan bangunan yang Kuat, Indah serta murah

 

Sumber

Cara agar sarjana teknik sipil bisa hidup bahagia

Pernah melihat orang bergelimang harta namun tidak bahagia? hal ini juga banyak terjadi pada civil engineer, meskipun rumah dan mobil mewah berjejer sudah didapat namun ternyata hidupnya masih jauh dari rasa cukup. Ada lagi seseorang yang menduduki jabatan tinggi ternyata hidupnya semakin amburadul tanpa ketenangan, diri sendiri justru diperbudak oleh keinginan dan keadaan. lalu seperti apakah cara terbaik agar sarjana teknik sipil atau arsitek bisa hidup bahagia? mari berbagi ilmu dan pengalaman disini. semoga dapat menjadi pelajaran berharga dalam menjalani kehidupan khususnya di dunia konstruksi bangunan.

 

Kesalahan dalam mencari kebahagiaan yang sering dilakukan civil engineer

  1. Membeli barang mewah seperti hp,kendaraan atau rumah besar dengan harapan bisa senang namun yang terjadi justru semakin tidak tenang dan terus merasa kekurangan. membeli tentu saja boleh namun harus lebih mengutamakan kebutuhan dibanding gengsi.
  2. Putus asa karena keinginan tidak kunjung tercapai sehingga melakukan korupsi proyek untuk mempercepat terwujudnya harapan.
  3. Bekerja siang dan malam seakan hidup hanya untuk proyek.
  4. Mengejar jabatan tertentu agar punya kekuasaan diproyek sehingga orang lain harus bilang wauw gitu :-)
  5. Makan enak untuk memuaskan keinginan.
  6. Menjadi manusia penjilat, mendekati atasan dengan maksud untuk mendapatkan rasa aman meskipun terkadang dengan cara menjatuhkan rekan kerja proyek.
  7. Melakukan berbagai macam kecurangan di proyek bangunan dengan harapan ingin menjadi orang kaya.
  8. Mengkhianati pendamping hidup resmi dengan cara mencari yang lain untuk memuaskan diri.

Jika cara-cara diatas serta kesalahan lainya dilakukan, kesenangan memang terkadang didapat namun itu hanya sesaat karena kedepanya akan ada pertanggungjawaban yang harus diselesaikan, hati gelisah jauh dari rasa ketenangan.

 

Cara agar sarjana teknik sipil bisa hidup bahagia

Setelah kita tahu beberapa hal umum yang sering dilakukan civil engineer dalam mencari kebahagiaan, kita semua tentu berharap agar tidak tergolong didalamnya. namun sulitnya mengatur diri sendiri adakalalanya membawa kita melakukan kesalahan yang seharusnya tidak perlu. Namun tidak perlu berkecil hati karena manusia terbaik bukanlah orang yang tidak pernah melakukan kesalahan, tapi yang terbaik adalah manusia yang segera sadar dan memperbaiki setiap kesalahan yang sudah terjadi, berikut ini beberapa tips yang mungkin dapat menjadi jalan untuk menemukan kebahagiaan hidup khususnya bagi sarjana teknik sipil dan arsitek.

  1. Menjalankan dengan baik 5 ibadah wajib yaitu syahadat,shalat,puasa,zakat,haji. karena didalamnya ada pelajaran berharga dalam menjalani kehidupan.
  2. Ingat tujuan manusia diturunkan ke bumi adalah untuk menjadi khalifah dalam mengelola dunia, bermacam modal sudah diberikan Tuhan dari mulai tubuh sehat, harta, lingkungan dan yang lainya.
  3. Siap menjalani masa susah maupun senang. lihatlah pepohonan yang setiap saat tidak pernah berteduh, kadang kepanasan, kadang juga kehujanan. namun silih bergantinya susah senang tersebut justru membuat pohon semakin tumbuh besar.
  4. Jauhkan diri dari lingkungan yang sekiranya dapat membuat kita ikut-ikutan salah jalan. namun apabila kita mampu menasehati maka jauh lebih baik ikut tapi tidak terhanyut.
  5. Jadikan ilmu teknik sipil yang kita punya untuk menebar manfaat sebanyak mungkin, bukan untuk mencari harta yang nilainya jauh lebih rendah dibanding ilmu.
  6. Jaga kesehatan dan istrirahat yang cukup dalam bekerja. contohnya bagi yang sering kerja duduk maka perlu menjaga posisi duduk agar tulang punggung tidak sakit.
  7. Ingat manusia paling cerdas adalah orang-orang yang bekerja untuk kehidupan setelah kematian.
  8. Jangan menyembah atasan, hanya kepada Tuhan tempat mengadu dan meminta pertolongan. tugas kita hanya bekerja dengan sebaik mungkin sehingga secara otomatis rezeki mengalir deras.
  9. Utamakan keselamatan dalam bekerja dengan menggunakan alat pelindung diri yang cukup saat terjun ke proyek.

 

Sumber

Cara agar teknik sipil Indonesia jadi yang terbaik di dunia

Punya ide bagaimana cara jitu agar teknik sipil indonesia bisa menjadi yang terbaik di dunia? ayo tulis disini, atau justru saat ini Indonesia sudah menjadi yang terbaik namun tidak dikenal :-) ya.. begitulah sebuah teka-teki sederhana yang sepertinya cukup sulit untuk dipecahkan namun sebenarnya sesuatu yang mudah apabila tahu kuncinya. Kita gali dulu kenapa kondisinya bisa demikian? masing-masing punya jawaban khusus ketika membahas masalah ini.

 

Alasan kenapa teknik sipil indonesia adalah yang terbaik di dunia

  1. Berbagai macam situs purbakala telah menunjukan adanya bangunan-bangunan canggih indonesia dimasa lampau.
  2. Indonesia terkenal sangat kreatif dalam menciptakan hal-hal baru maupun meniru yang sudah ada sehingga seringkali sesuatu yang terlihat sulit ternyata begitu cepat dibuat oleh orang indonesia.
  3. Indonesia adalah negara terkaya di dunia dalam hal sumber daya alam yang juga diimbangi dengan sumber daya manusia handal, hal ini bisa dilihat dari banyaknya juara olimpiade dunia dibidang ilmu pengetahuan yang diraih para pemuda Indonesia, yang jadi masalah hanya dalam hal pengelolaanya saja.
  4. Banyak warga Indonesia pintar yang lari keluar negeri untuk berkreasi sehingga berhasil menemukan hal-hal baru, namun ketika penemuan itu terwujud bisa jadi sudah pindah warga negara :-)

 

Cara agar teknik sipil Indonesia jadi yang terbaik di dunia

  1. Menghindari budaya meniru untuk menuju pola pikir bagaimana menemukan. meniru itu tidak akan bisa sebagus aslinya dan bisa jadi yang ditiru sudah membuat yang lebih baru namun peniru masih berpikir bagaimana mencontohnya. jika hal ini berlangsung secara terus menerus maka tidak akan pernah menjadi yang terbaik.
  2. Membuat suatu sistem media yang bertugas memberikan peringkat fakultas teknik sipil seluruh negara di dunia, lalu taruh beberapa universitas di Indonesia di jajaran atas sehingga mahasiswa pintar dari berbagai negara akan datang ke Indonesia atau setidaknya mahasiswa lokal menjadi sangat percaya diri dan menunjukan kemampuan terbaiknya. ini bukan berarti melakukan sebuah kebohongan karena kalau kita teliti lebih dalam maka ada suatu kesimpulan bahwa seluruh manusia adalah terbaik menurut bidang dan kemampuanya masing-masing, dengan begini maka beberapa tahun kemudian peringkat atas tersebut benar-benar sesuatu yang nyata. cara ini ternyata banyak digunakan negara maju sehingga mampu memprogram otak manusia diberbagai belahan dunia untuk menyetujui peringkat yang diusulkan tersebut.
  3. Menggali bermacam bangunan bersejarah di indonesa sehingga dapat menjadi bukti nyata, tingginya teknologi teknik sipil dan arsitektur Indonesia di masa lampau.
  4. Persatuan seluruh masyarakat Indonesia, gotong royong dan bahu membahu dalam mencari dan menyelesaikan setiap masalah khususnya dibidang bangunan.
  5. Menjalankan segala sesuatu dengan tujuan ibadah kepada Tuhan yang maha esa, sehingga bisa tumbuh rasa semangat dan percaya diri yang menggelora.
  6. Memberikan ruang bebas dan fasilitas kepada anak bangsa diseluruh wilayah Indonesia untuk berkreasi dan berkarya. pemerintahan terbaik adalah yang mempermudah dan melindungi aktifitas warganya, bukan mempersulit dan memberatkan dengan birokrasi yang dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi hambatan rakyat untuk berkarya.
  7. Untuk meraih yang terbaik tidak cukup apabila mengandalkan modal pintar saja, namun perlu diimbangi dengan budi pekerti dan perilaku yang baik sehingga perlu belajar jalan hidup yang lurus.

 

Banyak jalan menuju mekah, begitulah kata mutiara populer yang berarti bahwa untuk menuju suatu cita-cita sangat banyak kemungkinan yang bisa ditempuh, jika gagal di jalan yang satu maka bisa mencoba lewat jalur yang lain, dan keberhasilan adalah sesuatu yang mungkin terjadi, hanya perbedaan waktu yang belum saatnya tercapai keberhasilan tersebut. oleh karena itu bagi seluruh warga indonesia khususnya yang bergerak dibidang bangunan, kita ucapkan selamat berkarya, selamat menunjukan kemampuan terbaik serta semangat dalam menggapai cita-cita. Bagi yang baik hati dan bersedia berbagi tentang topik ini silahkan menuliskan inspirasinya disini :-)

 

Sumber

Strategi Managemen Waktu yang Membuat Kita Semakin Kaya

Banyak orang yang bilang, “Time is Money”. “Waktu adalah Uang”. Namun saya sangat tidak setuju dengan pernyataan tersebut. Karena Waktu itu jauh lebih berharga daripada uang. Mengapa…? Karena uangbyang telah hilang dapat dicari kembali, tapi waktu yang telah berlalu tak mungkin dapat diraih kembali. Dalam bisnis apapun, mengatur waktu jam kerja adalah hal yang harus di optimal dan perhatikan agar semua perkerjaan dapat berjalan lancar dan tidak ada pekerjaan yang menumpuk apalagi bisa terlewat yang akhirnya mengacaukan semua jalannya pekerjaan yang sudah kita inginkan hasilnya.

Nah, begitupun halnya dengan waktu dan jam kerja dalam bisnis online. Banyak orang yang justru malah membuang waktu di depan internet dengan tanpa hasil, waktu yang terbuang, dan malahan biaya banyak yang sudah di keluarkan. Dengan kata lain hanya sibuk dan tidak produktif.

Berikut 10 tips mengatur jam kerja anda untuk berbisnis online agar bisa lebih efektif, efisien dan produktif dan tentunya ini akan membuat anda lebih kaya :

1. Buatlah perencanaan
Anda memerlukan perencanaan kerja harian. Kalau tidak demikian, anda akan mengalokasikan waktu menurut apa saja yang kebetulan ada dimeja tulis anda. Awasilah setiap hari dengan membuat jadwall umum, dengan penekanan khusus pada dua atau tiga hal yang ingin anda selesaikan. Makin banyak waktu yang kita lewatkan untuk merencanakan sebuah project/pekerjaan, makin sedikit waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya.

2. Pusatkan perhatian
Golongan yang menghadapi masalah besar dalam hal pengurusan waktu biasanya mencoba melakukan banyak hal sekaligus. Jumlah waktu yang digunakan dalam suatu pekerjaan bukanlah hal yang penting. Tetapi yang lebih penting ialah menyediakan waktu yang tidak terganggu.

3. Ambillah waktu untuk istirahat
Bekerja dalam waktu yang lama apalagi di depan sinar komputer tanpa istirahat bukanlah penggunaan waktu yang efektif. Tenaga makin menurun, mata yang lelah, kebosanan makin mempengaruhi serta ketegangan fisik dan mental makin mengganggu. Oleh karena itu, anda memerlukan waktu istirahat yang secukupnya, kerana hanya dengan beristirahat sebentar saja bukan merupakan cara yang paling baik.

4. Jauhkan suasana berkecamuk
Kebanyakan orang selalu membiarkan meja tulisnya dipenuhi kertas yang bertumpuk. Mereka mengira bahawa dengan cara itu persoalan yang penting akan naik sendiri ke atas timbunan kertas itu. Sebenarnya keadaan berantakan/berkecamuk seperti ini mengganggu pandangan serta meningkatkan ketegangan dan membingungkan apa yang seharusnya anda kerjakan.

5. Jangan menjadi ‘perfectionist’
Ada perbedaan yang besar antara berusaha mendapat hasil yang baik dan bermati-matian mengejar kesempurnaan. Hal yang pertama , dapat dicapai, memberi kepuasan dan keberhasilan. Sementara langkah yang kedua, selalunya mustahil, mengakibatkan kekecewaan dan gangguan jiwa 🙂 Ia juga mengakibatkan mubazir waktu yang sia-sia.

6. Jangan takut mengatakan “TIDAK”
Dari banyak teknik menghemat waktu yang pernah ada,  yang paling efektif ialah selalu menggunakan perkataan tidak. Belajarlah menolak dengan mengunakan kebijaksanaan tetapi tegas terhadap setiap permintaan atau hal-hal yang tidak menunjang pencapaian tujuan anda.

7. Jangan menunda-nunda kerja
Penundaan kerja pada umumnya merupakan kebiasaan yang sudah berakar. Walaupun begitu, kita mampu mengubah kebiasaan ini asalkan kita menggunakan sistem yang tepat seperti memutuskan untuk berubah segera setelah anda selesai membaca artikel ini.

Sementara hati anda tergerak oleh motivasinya. Mengambil langkah pertama dengan segera adalah sangat penting. Seterusnya jangan mencoba terlalu banyak pekerjaan dalam waktu yang singkat. Apa yang perlu dilakukan ialah memaksa diri melakukan pekerjaan yang sudah tertunda sekarang juga.

8. Lakukanlah siasat radikal
Kegiatan membuang waktu sama seperti kanker. Ia menghabiskan tenaga dan cenderung tumbuh semakin besar. Satu-satunya cara penyembuhan adalah pembedahan radikal. Jika anda membuang waktu dalam kegiatan yang membuatkan anda bosan, alihkan perhatian daripadanya kerana ia mensia-siakan tenaga anda. Buanglah kegiatan ini, sekali untukselama-lamanya.

9. Delegasikan pekerjaan
Anda tidak perlu menjadi pemimpin nasional untuk mampu mendelegasikan pekerjaan. Sebagai peringatan, menyuruh bawahan pekerjaan yang tidak disukai oleh anda dan orang lain bukanlah mendelegasikannya, tetapi meberi perintah. Belajarlah mendelegasikan tugas yang penuh kesabaran dan memberikan imbalan. Ini dapat membantu melonggarkan waktu anda dan memberikan kesenangan untuk orang lain 🙂

10. Jangan kecanduan kerja
Hampir semua orak sukses mempunyai jam kerja yang panjang, tetapi mereka tidak membiarkan pekerjaan mengganggu hal-hal yang pentig dalam hidup mereka, seperti bergaul dengan teman-teman dan canda ria. Ini membezakan mereka daripada orang yang kecanduan kerja yang sama tarafnya seperti orang yang kecanduan alkohol. Gejala kecanduan kerja mencakupi penolakan untuk mengambil cuti & berkerja di waktu yang seharusnya untuk berlibur.

Sekian tips mengatur jam kerja anda, agar anda bisa bekerja dengan lebih efisien waktu, biaya dan produktif. Khususnya untuk anda yang mulai sedang menekuni bisnis online 🙂

Ada tambahan dari anda ? berikan di kolom komentar di bawah ini!

CARA MENGUASAI PELAJARAN

1. Semakin kita belajar dalam waktu singkat lebih berhasil dari pada belajar
dalam jangka waktu lama tapi hanya dilakukan satu kali saja.

2. Pelajaran lebih cepat dikuasai jika Seluruh Tubuh kita ikut aktif memahaminya

3. Pengetahuan sudah dikuasai,lakukan berulang-ulang untuk menjadikan kebiasaan

4. Hasil mempelajari ilmu akan berbeda-beda pada setiap orang

5. Pengetahuan cepat dikuasai jika kita sanggup menghubungi dengan pengetahuan lainnya

6. Pengetahuan cepat dikuasai jika anda mengetahui kemajuan menguasai ilmu tersebut

7. Kecepatan menguasai Pelajaran tergantung suasana dan kondisi anda serta lingkungan anda

8. Kecepatan menguasai Pengetahuan tergantung Minat anda terhadap Pengetahuan tersebut

9. Kecepatan menguasai  ilmu atau keterampilan dipengaruhi dengan manfaat dari ilmu tersebut

Agar suatu pelajaran dapat kita tangkap dan pahami dengan baik, ada baiknya kita membuat Rencana Kegiatan Belajar, Tujuan nya Rencana Kegiatan Belajar ini yaitu :
1. Mengatur  Waktu  Untuk Belajar
2. Mengatur Waktu  Untuk Mengulang Setiap Mata Kuliah atau Mata Pelajaran
3. Mendidik diri kita untuk Disiplin Belajar yang akan bermanfaat untuk kita saat bekerja   
    nantinya
Untuk membuat Rencana Kegiatan Belajar ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

1. Mencatat kegiatan Diluar Waktu Belajar

Agar Rencana Kegiatan Belajar kita dapat dilaksanakan, sebaiknya kita berpikir Rasional, yaitu jujur dengan kegiatan kita sehari-hari,memisahkan sesuatu hal yang aktivitas yang wajib kita kerjakan dan yang dapat kita geser waktunya untuk dikerjakan, agar kita dapat melihat secara nyata berapa banya waktu yang kita punya untuk belajar tiap harinya.
Misalnya : waktu makan ,waktu perjalanan ke kampus, waktu perjalanan ke tempat kerja dan lain lain, yang rutinitas kita lakukan tiap harinya, jika itu dapat kita ketahui waktu yang terpakai, berarti kita dapat melihat sisa waktu untuk kita belajar.

2. Tentukan Jumlah Waktu Untuk Belajar

Setelah kita memisahkan waktu rutinitas kita, masih adakah waktu untuk belajar kita dihari tersebut, jika tidak cari dihari lain, tapi ada baiknya belajar dilakukan setiap hari, semakin kita lakukan semakin cepat kita memahami isi dari mata pelajaran atau ilmu pengetahuan yang ingin kita kuasai.

3. Susun Rencana Kegiatan Belajar

Jika kita sudah mengetahui berapa banyak waktu tiap harinya kita bisa belajar, missal 2 jam atau 3 jam sehari, aturlah mata pelajaran atau ilmu pengetahuan yang kita pelajari itu di waktu tersebut, ada baiknya disaat tenang suasana nya, jadi lebih mudah otak kita menerimanya.
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang Cara Belajar, sebaiknya kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan belajar.
Belajar adalah : Usaha kita untuk menguasai suatu ilmu pengetahuan dan keahlian dalam bidang tertentu, yang hasilnya akan membuat kita dapat mempraktekkan ilmu tersebut.
Saya contohkan ketika saya belajar sendiri membuat blog (secara otodidak), saya banyak belajar dari informasi google dan penulis blog lainnya yang banyak menuliskan cara belajar blog, sehingga sedikit banyaknya sekarang saya dapat membuat blog walau masih sederhana, saya tidak mau membuat blog yang sulit, yang banyak pernak pernik nya, karena bukan tujuan saya untuk membuat blog saya menjadi cantik, keren dan lain lain, tapi tujuan saya membuat blog yaitu mencapaikan informasi yang saya ketahui atau teman ketahui dengan tidak mempersulit pembaca mencari artikel yang saya tulis.
Oke kembali ke focus tulisan posting ini, di atas sudah saya jelaskan sedikit apa yang dimaksud dengan belajar, tentunya dengan versi saya, saya yakin banyak yang ahli mengetahui apa artinya belajar,…hehehe..tapi ingat ini blog aku, jadi aku menulis sesuai hati dan pikiranku.
Setelah kita mengetahui waktu dan arti belajar kita perlu tahu juga apa aja hasil belajar itu, agar kita juga bisa mengetahui apakah ilmu pengetahuan itu sudah dapat kita kuasai.
Ada beberapa hasil belajar itu antara lain :

1. Keahlian

Maksud keahlian ini adalah kita akan punya kemampuan khusus, misalanya kita belajar beladiri, belajar masang keramik, belajar buat blog atau belajar matematika, dan lain lain, tentunya kita akan dapat suatu keahlian yang belum tentu dimiliki orang lain, karena saya yakin semua orang punya keahlian yang berbeda walau ilmu yang dipelajari sama.

2. Keterampilan

Keterampilan ini dapat kita ketahui, misalanya kita belajar memasak, menjahit, ketika hasil pekerjaan kita itu bermanfaat bagi orang lain, tentunya kita sudah punya keterampilan tersebut.

3. Pengetahuan

Kita akan mempunyai Pengetahuan yang berbeda dengan orang lain ,walau yang dipelajari sama dengan orang lain tersebut, contoh nya banyak informasi tentang cara membuat blog, tapi versi penjelasannya berbeda beda, ada yang hanya mengedit sedikit dari tulisan orang lain, ada juga yang murni menjelaskan sesuai dengan cara pembuatan blog.
Selebihnya Sahabat pembaca bisa menyimpulkan sendiri, banyak yang kita dapatkan dari hasil belajar, apapun yang kita pelajari tersebut, intinya Ilmu Pengetahuan atau Keterampilan apapun dapat kita kuasai jika orang lain pun bisa menguasainya, dengan syarat kemampuan baik fisik, materi dan kemauan kita tidak jauh berbeda dengan mereka yang sudah menguasai suatu ilmu.
Sahabat Pembaca ada Beberapa Hal yang ingin saya sampaikan tentang Belajar, baca di bawah ini :
1. Semakin sering kita belajar dan berlatih dalam waktu singkat akan lebih berhasil dari pada belajar dalam jangka waktu lama tapi hanya dilakukan satu kali saja.
Maksudnya, perhatikan tidak kepada seorang mahasiswa atau seorang yang belajar kursu computer, apa yang terjadi dengan  mereka jika mereka hanya belajar computer  1 bulan ataupun 1 tahun, yang mereka dapatkan adalah hanya selembar kertas dengan mengeluarkan banyak kertas untuk usaha belajar tersebut, maksud saya mereka hanya mendapatkan sertifikat dengan mengeluarkan banyak uang namun mereka tidak menguasai kembali apa yang dipelajarinya jika mereka hanya pegang itu kertas dan tidak melakukan praktek berulang ulang kembali.
Kenapa saya sampaikan ini, karena berdasarkan pengalaman saya, selama saya mengetahui dan bisa tentang computer dan internet saya tidak pernah kursus, tapi apa yang saya lakukan semenjak kuliah saya beli 1 komputer dan banyak bertanya kepada teman-teman dan google yang baik hati, dan saya pelajari sendiri, memang lebih lama saya memahaminya, tapi lebih lama lagi pengetahuan itu meninggalkan saya, karena dalam posisi apapun saya saat ini tida begitu gaptek banget tentang dunia computer dan internet.
Jadi saran saya, jangan kursus, tapi belilah computer, laptop dan belajar lah sendiri dari berbagai buku, ataupun teman yang baik hati dan nanya ke google, dengan anda berusaha memahami sendiri, dengan sendirinya ilmu pengetahuan itu akan lebih cepat melekat di pikiran anda, dibandingkan anda memaksakan diri meminta seseorang mengajarkan kepada anda, tapi anda sendiri tidak punya waktu untuk mengulang pelajaran tersebut.
2. Pelajaran akan lebih cepat kita kuasai jika Seluruh Tubuh kita ikut aktif memahaminya
Bandingkan ketika anda dalam keadaan lelah mempelajari sesuatu ilmu, walau hati keras ingin belajar, tapi kalau mata lelah dan pikiran letih, badan pun capek, pasti dengan mudahnya anda pun akan berhenti belajar, ataupun anda mencoba menghafal suatu kalimat, jika hanya mata dan pikiran saja yang bekerja, sudah dapat di pastikan anda akan jenuh dan mudah lelah, tapi kalau anda menghafal dengan mata melihat, pikiran memahami, mulut mengucapkan, telinga mendengar dan tangan menulis, tentunya kalimat itu akan mudah anda ingat, contoh mudahnya ketika kita mencoba menghafal suatu Undang-undang dengan berbagai pasalnya dibandingkan anda menghafal sebuah lagu, mana yang lebih cepat anda ingat, saya sendiri sudah praktekkan lebih mudah di ingat sebuah lagu, bait demi baitnya, karena hampir seluruh tubuh kita mencoba mempraktekkan syair lagu tersebut, pikiran memahami lagu tersebut, mulut mengeluarkan suara, telinga mendengar, tangan dan kakik goyang-goyang bahkan hati pun ikut terbawa dengan lagu tersebut.
Oke..saya yakin pembaca dapat menyimpulkan bagaimana cara mempelajari suatu pengetahuan agar lebih cepat kita kuasai.
3. Ketika suatu pengetahuan sudah dikuasai, lakukan berulang-ulang untuk menjadikan kebiasaan
Suatu ilmu jika tidak dipraktekkan kembali akan membuat kita akan semakin lupa, jadi ada baiknya jika kita sudah menguasai suatu ilmu, sedikit banyaknya di ulang kembali keahlian tersebut, agar anda menjadi kebiaasaan yang tidak bisa anda lupakan lagi, contoh dalam membuat kopi, karena anda sudah terbiasa campuran gula dan kopinya selera anda, maka secara tidak sengaja nantinya anda tidak perlu mengingat lagi, sambil menelpon pun anda bisa membuat kopi selera anda tanpa perlu mengingat, berapakah campuran gula dan kopi tersebut.
4. Hasil dari mempelajari ilmu akan berbeda-beda pada setiap orang
Kita harus menyadari dengan penuh kata-kata ini, kemampuan saya dengan pembaca tentu berbeda, tapi bisa saya lebih dari anda, ataupun saya kalah jauh dengan anda,padahal ilmu yang dipelajari sama, jadi jangan berkecil hati karena pembaca masih muda, ataupun sudah berumur, semua orang punya kemampuan yang berbeda-beda dalam menerima ilmu dan mendapatkan hasilnya, disinilah kita harus menyadari, jika ilmu yang sedang kita pelajari tidak kita kuasai dan standar saja, lebih giat lah belajarnya, jangan malah mundur dan tidak mau belajar lagi.
Semua itu akan menyebabakan anda berbeda dengan orang lain, jadi bersabarlah ketika ilmu itu belum di kuasai dan belajar terus, semakin anda ulang semakin cepat anda menguasainya. Kenapa saya sampaikan ini, karena belajar itu sama saja dalam Perjuangan, andalah yang menentukan berhasil atau tidaknya, jika anda mundur, ya  jangan mengeluh kalau yang lain lebih bisa dari anda.
5.Imu Pengetahuan akan cepat di kuasai jika kita sanggup menghubungi dengan ilmu pengetahuan lainnya
Contohnya ketika anda mempelajari matematika, jika anda punya pengetahuan tentang dagang tentu anda akan berusaha cepat dan dengan sendirinya ilmu itu anda kuasaai, ataupun anda ingin memasak nasi, ketika anda bertanya minyak tanah atau gas itu darimana, dan anda bisa jelaskan ataupun dapat penjelasan dari orang lain, tentunya nasi anda akan cepat masak, dan andapun dapat ilmu lain tentang asal bahan bakar tersebut.
Praktekkanlah ketika anda belajar, mencoba menghubungin dengan pengetahuan yang anda kuasai, sehingga dengan secara tidak sengaja ilmu yang sedang anda pelajari akan anda ingat dengan sendirinya.
6. Ilmu pengetahuan akan cepat anda kuasai jika anda mengetahui kemajuan menguasai ilmu tersebut
Ini semacam stimulus ataupun pemacu semangat secara tidak sengaja, saya membuat blog selalu memperhatikan siapa pengunjung saya, dari mana di mengetahui blog saya dan lain-lain, sehingga secara tidak langsung saya mengetahui perkembangan blog saya, dan mengetahui informasi apa saja yang dibutuhkan pembaca blog saya.
Jadi ada baiknya apapun ilmu pengetahuan yang ingin anda kuasai, anda harus tahu seberapa jauh penguasaan anda.
Tolak ukurnya, anda dapat mengetahui dari kemampuan wawasan anda terhadapat orang yang sudah menguasai misalanya, ataupun manfaat dari ilmu anda tersebut.
7. Kecepatan anda menguasai Pelajaran tergantung suasana dan kondisi anda serta lingkungan anda
Ketika seorang teman menjelaskan suatu ilmu pengetahuan kepada anda, mungkin anda cepat menerimanya, tapi kalau itu yang menyampaikan adalah orang yang anda tidak suka, secara tidak langsung anda menolah pengetahuan itu.
Jadi carilah teman, lingkungan ataupun situasi dan kondisi yang mendukung anda belajar, seperti suasana yang hening, teman yang mengajari anda senangi dan kondisi badan anda sedang baik, begitupun hati dan pikiran anda, maka secara langsung anda akan cepat menerima pelajaran tersebut.
8. Kecepatan anda menguasai Pengetahuan tergantung Minat anda terhadap Pengetahuan tersebut
Ketika anda ingin menguasai suatu pengetahuan ataupun keterampilan jika anda tidak minat, sudah dipastikan anda tidak akan menguasainya, andaipun menguasai butuh waktu dan proses yang lama, karena anda sedang mencoba-coba, tapi memang tidak adasalahnya, dan lebih tidak salah lagi jika anda minat dengan pengetahuan tersebut.
Dengan minat anda tersebut secara otomatis, anda akan mencari informasi apapun bentuknya yang penting anda menguasai imu tersebut. Contoh mudahnya, jika anda ingin dan minat sekali membuat blog, anda pasti mencari informasi tersebut dari berbagai sumber baik dari google ataupun teman anda yang baik hatinya yang mau berbagi ilmu.
9. Kecepatan anda mengusai  ilmu atau keterampilan dipengaruhi dengan manfaat dari ilmu tersebut
Jika anda sedang belajar tapi anda tidak tahu apa manfaat ilmu yang anda pelajari, otomatis anda lebih banyak enggannya untuk belajar, saya contohkan diri saya sendiri, dari jaman smp dan kuliah saya ingin bisa bahasa inggris, tapi kenyataannya sampai detik saya menulis ini, kemampuan bahasa inggris saya masih pasif, di sebabkan dari smp dan kuliah saya tidak minat, tapi ketika di dunia kerja dan usaha saya baru minat banget, akhrinya saya terlambat, tapi saya pun punya prinsip lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.
Sahabat pembaca, mempunyai seseorang yang lebih mengetahui manfaat dari ilmu yang kita pelajari ada suatu pemicu semangat anda semakin ingin cepat menguasai ilmu tersebut, jadi jangan pernah meremehkan pengalaman siapapun baik usia nya lebih muda ataupun lebih tua dari kita, yang terpenting adalah pengalamannya bermanfaat tidak bagi kita.
%d blogger menyukai ini: