Pasir dan Timur-Tengah

 

pasir

Pasir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pasir, material yang sudah tak asing lagi bagi kita semua yang berkecimpung di dunia Teknik Sipil. Pasir adalah bahan bangunan yang banyak dipergunakan dari struktur paling bawah hingga paling atas dalam bangunan. Baik sebagai pasir urug, adukan hingga campuran beton.

Setiap material mempunyai nilai kohesi. Kohesi adalah gaya tarik menarik antara partikel sejenis. Tak terkecuali Pasir, material yang satu ini nilai kohesinya sangat kecil, bahkan dianggap nol, jadi pasir dianggap tidak mempunyai kemampuan untuk saling bersatu antar partikelnya.

Timur-Tengah adalah wilayah yang sebagian besar tanahnya adalah pasir. Selain itu, Timur-Tengah adalah wilayah yang sarat akan konflik. Bagaimana perang antara Irak dan Iran, Israel dan Palestina dan lain-lain, berapa kerugian yang mereka tanggung dari perang itu?. Mereka begitu sulit untuk hidup rukun, bersatu seperti wilayah di Asia Tenggara misalnya.  Mungkinkah wilayah Timur-Tengah adalah representasi dari keadaan daerahnya yang sebagian besar adalah pasir yang sulit bersatu?

 

 

Org75

 

(Bagi temen-teman yang ingin mengirimkan artikel, kirimkan melalui email di hmtsipil.uii@gmail.com)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: