APLIKASI-APLIKASI SIPIL UNTUK ANDROID

Kali ini kita mau share aplikasi-aplikasi sipil untuk gadget kawan-kawan, khususnya yang menggunakan sistem operasi android. Sistem operasi android memang salah satu sistem operasi gadget yang sangat pesat perkembangannya. Kini banyak vendor handphone ataupun tablet yang mengusung sistem operasi android. Ini juga didukung oleh berbagai perusahaan pengembang aplikasi android yang terus berinovasi untuk menciptakan aplikasi yang dapat mempermudah user android dalam melakukan kegiatan sehari-hari.  Demikian juga untuk bidang teknik sipil, kini telah banyak aplikasi yang dapat membantu pekerjaan di bidang teknik sipil. Nah, berikut beberapa aplikasi yang recomended buat kawan-kawan:

  • Frame Design

Aplikasi ini akan membantu kawan-kawan dalam menyelesaikan berbagai  persoalan analisis struktur. Dengan aplikasi ini adalah kita dapat membuat berbagai struktur mulai dari balok sederhana, struktur rangka ataupun struktur portal dengan berbagai kondisi. Kita dapat menambahkan beban terpusat, beban merata ataupun momen  pada struktur. Yang menarik adalah kita dapat dengan mudah mengetahui reaksi perletakan, gaya-gaya dalam (shear force, normal force, bending momen), lendutan serta tegangannya. Aplikasi ini dapat kawan-kawan download di playstore secara gratis.

Download Frame Design on playstore

  • Autocad 360

Siapa yang tidak tau aplikasi ini? Ya, semua anak sipil pasti tau dong sama aplikasi ini. Dari namanya sudah jelas bukan? Software untuk membuat gambar kerja ini kini dapat kita nikmati di perangkat android kita. Dengan aplikasi ini kita dapat membuka gambar kerja yang telah dibuat di komputer. Selain itu juga kita dapat mengedit gambar tersebut. Beberapa tools yang biasa kita gunakan untuk mengedit gambar di komputer juga tersedia disini. Namun untuk dapat menggunakan aplikasi ini perangkat android kawan-kawan harus terhubung ke internet serta harus memiliki akun di autodesk terlebih dahulu. Kawan-kawan juga harus mengupload dahulu gambar kerjanya agar dapat dibuka dan diedit.

Aplikasi ini tersedia dalam 2 versi, yaitu versi yang gratisan dan versi yang berbayar. Untuk versi yang berbayar tentu fiturnya lebih lengkap dibanding yang gratis.

Download Autocad 360 on playstore

  • Beam

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berisi formula untuk mencari gaya dalam (shear force, bending moment), lendutan dan sudut rotasi balok. Dalam aplikasi ini kawan-kawan dapat menemukan balok dengan berbagai perletakan dengan berbagai kondisi pembebanan. Untuk menikmati aplikasi ini kita harus membayar sebesar $1.32. Tetapi kawan-kawan juga dapat menikmati aplikasi ini di black market secara gratis tentu dengan resiko tersendiri.

Download Beam on playstore

  • Convertpad

Mungkin masih ada dari kawan-kawan yang bingung dalam mengkonversi satuan. Kesalahan dalam konversi satuan tentu akan berdampak besar. Nah, aplikasi ini dapat membantu kawan-kawan dalam melakukan konversi berbagai macam satuan. Satuan yang disajikan dalam aplikasi ini terbilang lengkap. Aplikasi ini dapat kawan-kawan download di playstore secara gratis.

Download Convertpad on playstore

Selain keempat aplikasi di atas tentu masih banyak lagi aplikasi sipil lainnya yang tersedia di google play store. Aplikasi di atas hanya sebagian kecil saja. Silahkan kawan-kawan main di google play store untuk mencari aplikasi lainnya yang kawan butuhkan. Sekian dulu deh sharing kali ini. Bagi kawan-kawan yang ingin mereview aplikasi sipil lainnya silahkan di sharing. Selamat mencoba aplikasinya!

-Sumber-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: