CARA MENGUASAI PELAJARAN

1. Semakin kita belajar dalam waktu singkat lebih berhasil dari pada belajar
dalam jangka waktu lama tapi hanya dilakukan satu kali saja.

2. Pelajaran lebih cepat dikuasai jika Seluruh Tubuh kita ikut aktif memahaminya

3. Pengetahuan sudah dikuasai,lakukan berulang-ulang untuk menjadikan kebiasaan

4. Hasil mempelajari ilmu akan berbeda-beda pada setiap orang

5. Pengetahuan cepat dikuasai jika kita sanggup menghubungi dengan pengetahuan lainnya

6. Pengetahuan cepat dikuasai jika anda mengetahui kemajuan menguasai ilmu tersebut

7. Kecepatan menguasai Pelajaran tergantung suasana dan kondisi anda serta lingkungan anda

8. Kecepatan menguasai Pengetahuan tergantung Minat anda terhadap Pengetahuan tersebut

9. Kecepatan menguasai  ilmu atau keterampilan dipengaruhi dengan manfaat dari ilmu tersebut

Agar suatu pelajaran dapat kita tangkap dan pahami dengan baik, ada baiknya kita membuat Rencana Kegiatan Belajar, Tujuan nya Rencana Kegiatan Belajar ini yaitu :
1. Mengatur  Waktu  Untuk Belajar
2. Mengatur Waktu  Untuk Mengulang Setiap Mata Kuliah atau Mata Pelajaran
3. Mendidik diri kita untuk Disiplin Belajar yang akan bermanfaat untuk kita saat bekerja   
    nantinya
Untuk membuat Rencana Kegiatan Belajar ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

1. Mencatat kegiatan Diluar Waktu Belajar

Agar Rencana Kegiatan Belajar kita dapat dilaksanakan, sebaiknya kita berpikir Rasional, yaitu jujur dengan kegiatan kita sehari-hari,memisahkan sesuatu hal yang aktivitas yang wajib kita kerjakan dan yang dapat kita geser waktunya untuk dikerjakan, agar kita dapat melihat secara nyata berapa banya waktu yang kita punya untuk belajar tiap harinya.
Misalnya : waktu makan ,waktu perjalanan ke kampus, waktu perjalanan ke tempat kerja dan lain lain, yang rutinitas kita lakukan tiap harinya, jika itu dapat kita ketahui waktu yang terpakai, berarti kita dapat melihat sisa waktu untuk kita belajar.

2. Tentukan Jumlah Waktu Untuk Belajar

Setelah kita memisahkan waktu rutinitas kita, masih adakah waktu untuk belajar kita dihari tersebut, jika tidak cari dihari lain, tapi ada baiknya belajar dilakukan setiap hari, semakin kita lakukan semakin cepat kita memahami isi dari mata pelajaran atau ilmu pengetahuan yang ingin kita kuasai.

3. Susun Rencana Kegiatan Belajar

Jika kita sudah mengetahui berapa banyak waktu tiap harinya kita bisa belajar, missal 2 jam atau 3 jam sehari, aturlah mata pelajaran atau ilmu pengetahuan yang kita pelajari itu di waktu tersebut, ada baiknya disaat tenang suasana nya, jadi lebih mudah otak kita menerimanya.
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang Cara Belajar, sebaiknya kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan belajar.
Belajar adalah : Usaha kita untuk menguasai suatu ilmu pengetahuan dan keahlian dalam bidang tertentu, yang hasilnya akan membuat kita dapat mempraktekkan ilmu tersebut.
Saya contohkan ketika saya belajar sendiri membuat blog (secara otodidak), saya banyak belajar dari informasi google dan penulis blog lainnya yang banyak menuliskan cara belajar blog, sehingga sedikit banyaknya sekarang saya dapat membuat blog walau masih sederhana, saya tidak mau membuat blog yang sulit, yang banyak pernak pernik nya, karena bukan tujuan saya untuk membuat blog saya menjadi cantik, keren dan lain lain, tapi tujuan saya membuat blog yaitu mencapaikan informasi yang saya ketahui atau teman ketahui dengan tidak mempersulit pembaca mencari artikel yang saya tulis.
Oke kembali ke focus tulisan posting ini, di atas sudah saya jelaskan sedikit apa yang dimaksud dengan belajar, tentunya dengan versi saya, saya yakin banyak yang ahli mengetahui apa artinya belajar,…hehehe..tapi ingat ini blog aku, jadi aku menulis sesuai hati dan pikiranku.
Setelah kita mengetahui waktu dan arti belajar kita perlu tahu juga apa aja hasil belajar itu, agar kita juga bisa mengetahui apakah ilmu pengetahuan itu sudah dapat kita kuasai.
Ada beberapa hasil belajar itu antara lain :

1. Keahlian

Maksud keahlian ini adalah kita akan punya kemampuan khusus, misalanya kita belajar beladiri, belajar masang keramik, belajar buat blog atau belajar matematika, dan lain lain, tentunya kita akan dapat suatu keahlian yang belum tentu dimiliki orang lain, karena saya yakin semua orang punya keahlian yang berbeda walau ilmu yang dipelajari sama.

2. Keterampilan

Keterampilan ini dapat kita ketahui, misalanya kita belajar memasak, menjahit, ketika hasil pekerjaan kita itu bermanfaat bagi orang lain, tentunya kita sudah punya keterampilan tersebut.

3. Pengetahuan

Kita akan mempunyai Pengetahuan yang berbeda dengan orang lain ,walau yang dipelajari sama dengan orang lain tersebut, contoh nya banyak informasi tentang cara membuat blog, tapi versi penjelasannya berbeda beda, ada yang hanya mengedit sedikit dari tulisan orang lain, ada juga yang murni menjelaskan sesuai dengan cara pembuatan blog.
Selebihnya Sahabat pembaca bisa menyimpulkan sendiri, banyak yang kita dapatkan dari hasil belajar, apapun yang kita pelajari tersebut, intinya Ilmu Pengetahuan atau Keterampilan apapun dapat kita kuasai jika orang lain pun bisa menguasainya, dengan syarat kemampuan baik fisik, materi dan kemauan kita tidak jauh berbeda dengan mereka yang sudah menguasai suatu ilmu.
Sahabat Pembaca ada Beberapa Hal yang ingin saya sampaikan tentang Belajar, baca di bawah ini :
1. Semakin sering kita belajar dan berlatih dalam waktu singkat akan lebih berhasil dari pada belajar dalam jangka waktu lama tapi hanya dilakukan satu kali saja.
Maksudnya, perhatikan tidak kepada seorang mahasiswa atau seorang yang belajar kursu computer, apa yang terjadi dengan  mereka jika mereka hanya belajar computer  1 bulan ataupun 1 tahun, yang mereka dapatkan adalah hanya selembar kertas dengan mengeluarkan banyak kertas untuk usaha belajar tersebut, maksud saya mereka hanya mendapatkan sertifikat dengan mengeluarkan banyak uang namun mereka tidak menguasai kembali apa yang dipelajarinya jika mereka hanya pegang itu kertas dan tidak melakukan praktek berulang ulang kembali.
Kenapa saya sampaikan ini, karena berdasarkan pengalaman saya, selama saya mengetahui dan bisa tentang computer dan internet saya tidak pernah kursus, tapi apa yang saya lakukan semenjak kuliah saya beli 1 komputer dan banyak bertanya kepada teman-teman dan google yang baik hati, dan saya pelajari sendiri, memang lebih lama saya memahaminya, tapi lebih lama lagi pengetahuan itu meninggalkan saya, karena dalam posisi apapun saya saat ini tida begitu gaptek banget tentang dunia computer dan internet.
Jadi saran saya, jangan kursus, tapi belilah computer, laptop dan belajar lah sendiri dari berbagai buku, ataupun teman yang baik hati dan nanya ke google, dengan anda berusaha memahami sendiri, dengan sendirinya ilmu pengetahuan itu akan lebih cepat melekat di pikiran anda, dibandingkan anda memaksakan diri meminta seseorang mengajarkan kepada anda, tapi anda sendiri tidak punya waktu untuk mengulang pelajaran tersebut.
2. Pelajaran akan lebih cepat kita kuasai jika Seluruh Tubuh kita ikut aktif memahaminya
Bandingkan ketika anda dalam keadaan lelah mempelajari sesuatu ilmu, walau hati keras ingin belajar, tapi kalau mata lelah dan pikiran letih, badan pun capek, pasti dengan mudahnya anda pun akan berhenti belajar, ataupun anda mencoba menghafal suatu kalimat, jika hanya mata dan pikiran saja yang bekerja, sudah dapat di pastikan anda akan jenuh dan mudah lelah, tapi kalau anda menghafal dengan mata melihat, pikiran memahami, mulut mengucapkan, telinga mendengar dan tangan menulis, tentunya kalimat itu akan mudah anda ingat, contoh mudahnya ketika kita mencoba menghafal suatu Undang-undang dengan berbagai pasalnya dibandingkan anda menghafal sebuah lagu, mana yang lebih cepat anda ingat, saya sendiri sudah praktekkan lebih mudah di ingat sebuah lagu, bait demi baitnya, karena hampir seluruh tubuh kita mencoba mempraktekkan syair lagu tersebut, pikiran memahami lagu tersebut, mulut mengeluarkan suara, telinga mendengar, tangan dan kakik goyang-goyang bahkan hati pun ikut terbawa dengan lagu tersebut.
Oke..saya yakin pembaca dapat menyimpulkan bagaimana cara mempelajari suatu pengetahuan agar lebih cepat kita kuasai.
3. Ketika suatu pengetahuan sudah dikuasai, lakukan berulang-ulang untuk menjadikan kebiasaan
Suatu ilmu jika tidak dipraktekkan kembali akan membuat kita akan semakin lupa, jadi ada baiknya jika kita sudah menguasai suatu ilmu, sedikit banyaknya di ulang kembali keahlian tersebut, agar anda menjadi kebiaasaan yang tidak bisa anda lupakan lagi, contoh dalam membuat kopi, karena anda sudah terbiasa campuran gula dan kopinya selera anda, maka secara tidak sengaja nantinya anda tidak perlu mengingat lagi, sambil menelpon pun anda bisa membuat kopi selera anda tanpa perlu mengingat, berapakah campuran gula dan kopi tersebut.
4. Hasil dari mempelajari ilmu akan berbeda-beda pada setiap orang
Kita harus menyadari dengan penuh kata-kata ini, kemampuan saya dengan pembaca tentu berbeda, tapi bisa saya lebih dari anda, ataupun saya kalah jauh dengan anda,padahal ilmu yang dipelajari sama, jadi jangan berkecil hati karena pembaca masih muda, ataupun sudah berumur, semua orang punya kemampuan yang berbeda-beda dalam menerima ilmu dan mendapatkan hasilnya, disinilah kita harus menyadari, jika ilmu yang sedang kita pelajari tidak kita kuasai dan standar saja, lebih giat lah belajarnya, jangan malah mundur dan tidak mau belajar lagi.
Semua itu akan menyebabakan anda berbeda dengan orang lain, jadi bersabarlah ketika ilmu itu belum di kuasai dan belajar terus, semakin anda ulang semakin cepat anda menguasainya. Kenapa saya sampaikan ini, karena belajar itu sama saja dalam Perjuangan, andalah yang menentukan berhasil atau tidaknya, jika anda mundur, ya  jangan mengeluh kalau yang lain lebih bisa dari anda.
5.Imu Pengetahuan akan cepat di kuasai jika kita sanggup menghubungi dengan ilmu pengetahuan lainnya
Contohnya ketika anda mempelajari matematika, jika anda punya pengetahuan tentang dagang tentu anda akan berusaha cepat dan dengan sendirinya ilmu itu anda kuasaai, ataupun anda ingin memasak nasi, ketika anda bertanya minyak tanah atau gas itu darimana, dan anda bisa jelaskan ataupun dapat penjelasan dari orang lain, tentunya nasi anda akan cepat masak, dan andapun dapat ilmu lain tentang asal bahan bakar tersebut.
Praktekkanlah ketika anda belajar, mencoba menghubungin dengan pengetahuan yang anda kuasai, sehingga dengan secara tidak sengaja ilmu yang sedang anda pelajari akan anda ingat dengan sendirinya.
6. Ilmu pengetahuan akan cepat anda kuasai jika anda mengetahui kemajuan menguasai ilmu tersebut
Ini semacam stimulus ataupun pemacu semangat secara tidak sengaja, saya membuat blog selalu memperhatikan siapa pengunjung saya, dari mana di mengetahui blog saya dan lain-lain, sehingga secara tidak langsung saya mengetahui perkembangan blog saya, dan mengetahui informasi apa saja yang dibutuhkan pembaca blog saya.
Jadi ada baiknya apapun ilmu pengetahuan yang ingin anda kuasai, anda harus tahu seberapa jauh penguasaan anda.
Tolak ukurnya, anda dapat mengetahui dari kemampuan wawasan anda terhadapat orang yang sudah menguasai misalanya, ataupun manfaat dari ilmu anda tersebut.
7. Kecepatan anda menguasai Pelajaran tergantung suasana dan kondisi anda serta lingkungan anda
Ketika seorang teman menjelaskan suatu ilmu pengetahuan kepada anda, mungkin anda cepat menerimanya, tapi kalau itu yang menyampaikan adalah orang yang anda tidak suka, secara tidak langsung anda menolah pengetahuan itu.
Jadi carilah teman, lingkungan ataupun situasi dan kondisi yang mendukung anda belajar, seperti suasana yang hening, teman yang mengajari anda senangi dan kondisi badan anda sedang baik, begitupun hati dan pikiran anda, maka secara langsung anda akan cepat menerima pelajaran tersebut.
8. Kecepatan anda menguasai Pengetahuan tergantung Minat anda terhadap Pengetahuan tersebut
Ketika anda ingin menguasai suatu pengetahuan ataupun keterampilan jika anda tidak minat, sudah dipastikan anda tidak akan menguasainya, andaipun menguasai butuh waktu dan proses yang lama, karena anda sedang mencoba-coba, tapi memang tidak adasalahnya, dan lebih tidak salah lagi jika anda minat dengan pengetahuan tersebut.
Dengan minat anda tersebut secara otomatis, anda akan mencari informasi apapun bentuknya yang penting anda menguasai imu tersebut. Contoh mudahnya, jika anda ingin dan minat sekali membuat blog, anda pasti mencari informasi tersebut dari berbagai sumber baik dari google ataupun teman anda yang baik hatinya yang mau berbagi ilmu.
9. Kecepatan anda mengusai  ilmu atau keterampilan dipengaruhi dengan manfaat dari ilmu tersebut
Jika anda sedang belajar tapi anda tidak tahu apa manfaat ilmu yang anda pelajari, otomatis anda lebih banyak enggannya untuk belajar, saya contohkan diri saya sendiri, dari jaman smp dan kuliah saya ingin bisa bahasa inggris, tapi kenyataannya sampai detik saya menulis ini, kemampuan bahasa inggris saya masih pasif, di sebabkan dari smp dan kuliah saya tidak minat, tapi ketika di dunia kerja dan usaha saya baru minat banget, akhrinya saya terlambat, tapi saya pun punya prinsip lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.
Sahabat pembaca, mempunyai seseorang yang lebih mengetahui manfaat dari ilmu yang kita pelajari ada suatu pemicu semangat anda semakin ingin cepat menguasai ilmu tersebut, jadi jangan pernah meremehkan pengalaman siapapun baik usia nya lebih muda ataupun lebih tua dari kita, yang terpenting adalah pengalamannya bermanfaat tidak bagi kita.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: