Cara Menggambar Cepat Dengan Autocad

Cara Menggambar Cepat Dengan Autocad

1. Gunakan Simbol Huruf untuk Perintah Gambar
2. Gunakan Dua tangan sewaktu menggambar
3. Gunakan perintah menggunakan keyboard
4. Buat Pengaturan Sesuai Kebutuhan


Cara Menggambar Cepat Dengan Autocad




Cara Menggambar Cepat Dengan Autocad
Berdasarkan pengalaman menggambar dengan menggunakan Autocad ada beberapa
langkah yang membuat kita bisa lebih cepat menggambar antara lain :

1. Gunakan Simbol Huruf untuk Perintah Gambar

Jika kita sebagai pemula yang belajar Autocad apalagi jika belajar sendiri
melalu panduan buku, kita akan selalu meng klick toolbar perintah autocad.
untuk pemula tidak apa-apa dilakukan seperti ini, tapi untuk seseorang
profesional drafter cara ini sangat tidak efektif karena kita akan mencari
dahulu toolbar tersebut, menyebabkan waktu yang terbuang tidak sedikit, karena
setiap kita ingin menggambar selalu mencari toolbar tersebut.

sebagai profesional drafter hindarkan cara memakai toolbar untuk perintah yang
sering di lakukan ,seperti pembuatan garis,lingkaran, kotak dan lain-lain.

sedikit petunjuk dari saya, semua perintah tersebut bisa memakai dengan simbol
huruf awal dari perintah tersebut, atau lebih lengkapnya silangkan bukan help
autocad, disana terdapat perintah singkat menggambar.

saya contohkan :
– Line = tekan huruf “L” = membuat garis
– Circle = tekan huruf “C” = membuat lingkaran
– Rectangle = tekan huruf “R” = membuat persegi panjang
– Offshet = tekan huruf ‘O” = memperbanyak
– Mirror = tekan “M” = mencerminkan

dan masih banyak yang lain yang dapat dilihat di help autocad

2. Gunakan Dua tangan sewaktu menggambar

Maksud saya menggunakan dua tangan ini adalah jika kita menggunakan otomatis
hanya tangan yang memegang mouse saja yang aktif, sedangkan tangan yang lain
hanya diam.
jadi baiknya tangan kanan pegang kendali mouse sedangkan tangan kiri digunakan
untuk menekan tombol-tombol huruf tersebut seperti “L” untuk perintah “Line”

Ketika saya pernah ikut test menggambar disuatu interview, saya cukup terkejut
seseorang dengan lincahnya menggunakan tangan kirinya, sedangkan saya masih
menggunakan toolbar, dan hasilnya dia duluan yang selesai, rupanya beliau
sudah pengalaman dalam gambar.

Terlebih lagi ketika pekerjaan Drafter membutuhkan Under Presser, target
tentunya tidak akan efisien menggunakan toolbar.

3. Gunakan perintah menggunakan keyboard

sewaktu saya menggunakan Ms-Dos,sebelum ada mouse autocad banyak menggunakan
perintah tulisan menggunakan keyboard.

untuk sekarang yang kita perlukan adalah seperti copy file,cut file dan lain-
lain gunakan Crtl C dan Ctrl X, setiap perintah di toobars selalu ada huruf
yang digaris bawahi, silahkan manfaatkan huruf tersebut dengan sebelumnya
menekan bersamaan ctrl dan huruf tersebut.

4. Buat Pengaturan Sesuai Kebutuhan

Sahabat, perhatikan ketika menggunakan perintah jenis garis, jenis huruf
dan pembuataan ukuran garis.

aturlah terlebih dahulu semua itu, jangan menggunakan versi awal autocad,
langkah tercepat, gunakan gambar yang sudah jadi,lalu save as yang sebelumnya
hilangkan semua gambar tersebut.

jadi ketika kita gambar, skala dan memasukan angka ukuran sudah sama dengan
format yang kita inginkan, begitu pun dengan warna dari garis tersebut, biasanya
yang perlu diperhatikan diawal yaitu :

– Pengaturan Dim line atau “D” untuk menampilakan ukuran suatu garis aturlah
sebaik mungkin dari besarnya panah dan angka yang muncul, buat proporsional
terhadap gambar.
– Pengaturan warna garis, ini sangat perlu karena ketika gambar tersebut sudah
banyak garisnya, akan membuat kita bingung sendiri
– skala jenis garis, baik garis putus-putus atau berupa titik dan bold aturlah
terlebih dahulu.

sebenarnya masih banyak lagi, tapi mata saya sudah ngantuk, dilain waktu saya
akan tampilkan dan kumpulkan perintah singkat tersebut, tapi jika pembaca
ingin tahu silahkan tanya teman yang sudah bisa ataupun tanya Om Google yah.

Sahabat itulah sedikit masukkan saya untuk menggambar menggunakan Autocad,
mengapa saya sampaikan ini, karena dulu saya pernah mengalami menggunakan
toolbar dan setiap saya test selalu kalah kecepatan dengan yang lain,sekarang
saya sudah terbiasa menggunakan dua tangan, Walau sekarang saya jarang menggam
bar tetap saja tangan kiri saya reflek menggunakannya.

One thought on “Cara Menggambar Cepat Dengan Autocad

Tinggalkan komentar