Cara agar sarjana teknik sipil bisa hidup bahagia

Pernah melihat orang bergelimang harta namun tidak bahagia? hal ini juga banyak terjadi pada civil engineer, meskipun rumah dan mobil mewah berjejer sudah didapat namun ternyata hidupnya masih jauh dari rasa cukup. Ada lagi seseorang yang menduduki jabatan tinggi ternyata hidupnya semakin amburadul tanpa ketenangan, diri sendiri justru diperbudak oleh keinginan dan keadaan. lalu seperti apakah cara terbaik agar sarjana teknik sipil atau arsitek bisa hidup bahagia? mari berbagi ilmu dan pengalaman disini. semoga dapat menjadi pelajaran berharga dalam menjalani kehidupan khususnya di dunia konstruksi bangunan.

 

Kesalahan dalam mencari kebahagiaan yang sering dilakukan civil engineer

  1. Membeli barang mewah seperti hp,kendaraan atau rumah besar dengan harapan bisa senang namun yang terjadi justru semakin tidak tenang dan terus merasa kekurangan. membeli tentu saja boleh namun harus lebih mengutamakan kebutuhan dibanding gengsi.
  2. Putus asa karena keinginan tidak kunjung tercapai sehingga melakukan korupsi proyek untuk mempercepat terwujudnya harapan.
  3. Bekerja siang dan malam seakan hidup hanya untuk proyek.
  4. Mengejar jabatan tertentu agar punya kekuasaan diproyek sehingga orang lain harus bilang wauw gitu :-)
  5. Makan enak untuk memuaskan keinginan.
  6. Menjadi manusia penjilat, mendekati atasan dengan maksud untuk mendapatkan rasa aman meskipun terkadang dengan cara menjatuhkan rekan kerja proyek.
  7. Melakukan berbagai macam kecurangan di proyek bangunan dengan harapan ingin menjadi orang kaya.
  8. Mengkhianati pendamping hidup resmi dengan cara mencari yang lain untuk memuaskan diri.

Jika cara-cara diatas serta kesalahan lainya dilakukan, kesenangan memang terkadang didapat namun itu hanya sesaat karena kedepanya akan ada pertanggungjawaban yang harus diselesaikan, hati gelisah jauh dari rasa ketenangan.

 

Cara agar sarjana teknik sipil bisa hidup bahagia

Setelah kita tahu beberapa hal umum yang sering dilakukan civil engineer dalam mencari kebahagiaan, kita semua tentu berharap agar tidak tergolong didalamnya. namun sulitnya mengatur diri sendiri adakalalanya membawa kita melakukan kesalahan yang seharusnya tidak perlu. Namun tidak perlu berkecil hati karena manusia terbaik bukanlah orang yang tidak pernah melakukan kesalahan, tapi yang terbaik adalah manusia yang segera sadar dan memperbaiki setiap kesalahan yang sudah terjadi, berikut ini beberapa tips yang mungkin dapat menjadi jalan untuk menemukan kebahagiaan hidup khususnya bagi sarjana teknik sipil dan arsitek.

  1. Menjalankan dengan baik 5 ibadah wajib yaitu syahadat,shalat,puasa,zakat,haji. karena didalamnya ada pelajaran berharga dalam menjalani kehidupan.
  2. Ingat tujuan manusia diturunkan ke bumi adalah untuk menjadi khalifah dalam mengelola dunia, bermacam modal sudah diberikan Tuhan dari mulai tubuh sehat, harta, lingkungan dan yang lainya.
  3. Siap menjalani masa susah maupun senang. lihatlah pepohonan yang setiap saat tidak pernah berteduh, kadang kepanasan, kadang juga kehujanan. namun silih bergantinya susah senang tersebut justru membuat pohon semakin tumbuh besar.
  4. Jauhkan diri dari lingkungan yang sekiranya dapat membuat kita ikut-ikutan salah jalan. namun apabila kita mampu menasehati maka jauh lebih baik ikut tapi tidak terhanyut.
  5. Jadikan ilmu teknik sipil yang kita punya untuk menebar manfaat sebanyak mungkin, bukan untuk mencari harta yang nilainya jauh lebih rendah dibanding ilmu.
  6. Jaga kesehatan dan istrirahat yang cukup dalam bekerja. contohnya bagi yang sering kerja duduk maka perlu menjaga posisi duduk agar tulang punggung tidak sakit.
  7. Ingat manusia paling cerdas adalah orang-orang yang bekerja untuk kehidupan setelah kematian.
  8. Jangan menyembah atasan, hanya kepada Tuhan tempat mengadu dan meminta pertolongan. tugas kita hanya bekerja dengan sebaik mungkin sehingga secara otomatis rezeki mengalir deras.
  9. Utamakan keselamatan dalam bekerja dengan menggunakan alat pelindung diri yang cukup saat terjun ke proyek.

 

Sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: